RELAWAN PAJAK UNJ 2018 (Kerjasama Tax Center FE UNJ dan Ditjen Pajak Kanwil Jakarta Timur)

RELAWAN PAJAK UNJ 2018 (Kerjasama Tax Center FE UNJ dan Ditjen Pajak Kanwil Jakarta Timur)

RELAWAN PAJAK UNJ 2018 (Kerjasama Tax Center FE UNJ dan Ditjen Pajak Kanwil Jakarta Timur)

Kegiatan Relawan Pajak UNJ 2018 resmi ditutup pada Kamis, 22 November 2018 ditandai dengan penyerahan sertifikat bagi mahasiswa para relawan pajak dan para dosen pembimbing.

Kegiatan Penyerahan Sertifikat Relawan Pajak ini dihadiri oleh Prof. Dr. Dedi Purwana ES, M.Bus. selaku Dekan FE UNJ, Bapak Liberty Pandiangan selaku Kepala Bidang P2 Humas DJP Kanwil Jakarta Timur, Bapak Tri Utomo selaku Kepala Seksi Kerjasama dan Humas DPJ Kanwil Jakarta Timur, Ibu Diah Armeliza selaku Kepala Lab. Akuntansi dan Tax Center FE UNJ, Para Dosen Pembimbing, dan Para Mahasiswa Relawan Pajak UNJ 2018.

Kegiatan Relawan Pajak ini merupakan bentuk kerjasama Tax Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan Direktorat Jenderal Pajak. Kegiatan tersebut diperuntukan bagi Mahasiswa/i Program Studi S1 dan D3 Akuntansi, serta Konsentrasi Pendidikan Akuntansi yang telah menempuh mata kuliah perpajakan. Para Relawan Pajak 2018 ini merupakan mahasiswa pilihan yang telah melalui serangkaian seleksi. Sebelum bertugas, para relawan pajak juga diberikan beberapa kali pembekalan, baik materi mengenai perpajakan maupun juga materi mengenai teknik pelayanan.

Sebelum terpilih sebagai relawan, Tax Center (Tim Dosen Pembimbing) melakukan proses seleksi wawancara pada 29 September – 2 Oktober 2017. Selanjutnya, peserta yang dinyatakan lolos seleksi wajib mengikuti pelatihan sebanyak dua kali. Adapun materi pelatihan yang diberikan mengenai Pengisian SPT melalui E-Filing dan E-SPT PPh bagi WP Orang Pribadi. Pelatihan pertama sekaligus pembukaan peresmian kegiatan oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Prof. Dr. Dedi Purwana ES, M.Bus., dilaksanakan pada Kamis, 7 Desember 2017. Pelatihan kedua dilaksanakan pada Kamis, 8 Februari 2018.

Usai menjalani pelatihan, calon relawan pajak mengikuti kegiatan leveling pajak (tahap seleksi akhir) pada Kamis, 15 Februari 2018. Namun, sebelum tes dilakukan, pihak DJP memberikan materi terlebih dahulu berupa code of conduct.

Tepat pada 24 Februari 2018, pihak Tax Center UNJ mengumumkan 40 nama mahasiswa yang dinyatakan lolos menjadi relawan pajak UNJ yang akan ditempatkan pada 4 KKP di wilayah Jakarta Timur. Empat KPP tersebut adalah KPP Pratama Jakarta Pulogadung, Duren Sawit, Jatinegara, dan Cakung Satu. Setiap KPP terdiri dari 10 mahasiswa yang didampingi oleh dua dosen pembimbing.

Para relawan pajak bertugas pada 1 – 31 Maret 2018 untuk membantu sosialisasi dan asistensi pengisian – pelaporan SPT Tahunan 2018 kepada Wajib Pajak KPP setempat. SPT Tahunan merupakan sarana bagi Wajib Pajak guna melaporkan pelaksanaan kewajiban perpajakannya setiap tahun. Relawan pajak yang bertugas mendapatkan pengarahan terlebih dahulu dari penanggungjawab masing-masing KPP. Selama menjalankan tugasnya, para relawan memperoleh berbagai ilmu baru mengenai pajak dan pengalaman selama berada di KPP. Tidak hanya itu, pada Kamis, 8 Maret 2018 diadakan kegiatan Gathering Relawan Pajak sebagai pembekalan pengetahuan serta softskill bagi relawan pajak.

(Ayu Astuti Arifin – Dwi Handarini)

Dokumentasi Kegiatan Penyerahan Sertifikat Relawan Pajak UNJ 2018

(sekaligus Penutupan Kegiatan Relawan Pajak 2018)

untitled9untitled8untitled7untitled5untitled6untitled10

Dokumentasi Kegiatan Seleksi Akhir (Leveling)

Calon Relawa Pajak UNJ 2018
untitled12untitled11

 

Dokumentasi Kegiatan Pelatihan Perpajakan

Bagi Calon Relawan Pajak UNJ 2018

 untitled14untitled13

 Dokumentasi Kegiatan Asistensi oleh Relawan Pajak UNJ 2018

di Beberapa KPP Wilayah Jakarta Timur

Video dokumentasi dari KPP Cakung Satu à https://youtu.be/vcouI-Qo084

untitled20untitled19untitled18untitled17

 untitled21

 untitled22

Dokumentasi Kegiatan Gathering Relawan Pajak 2018

 untitled23