Skripsi Mahasiswa FE UNJ Tembus Jurnal Internasional Terindeks Scopus Q3

Skripsi Mahasiswa FE UNJ Tembus Jurnal Internasional Terindeks Scopus Q3

cover_issue_144_en_US

Menghasilkan sebuah karya ilmiah telah menjadi kewajiban bagi mahasiswa sebelum lulus dan dinyatakan sebagai Sarjana; dengan demikian menulis skripsi menjadi sebuah keharusan. Namun, sesungguhnya, mahasiswa memiliki peluang yang besar untuk memberikan kontribusi pemikiran melalui tulisan ilmiah yang dihasilkan, tidak hanya sebatas skripsi.
Dimulai dari keingintahuan mengenai dampak pariwisata di Indonesia, Muhamad Rifki Fadilah, Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNJ, tertarik untuk menyelidiki lebih lanjut mengenai kontribusi kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia terhadap pertumbuhan ekonomi, mengingat sektor pariwisata Indonesia digadangkan sebagai salah satu aliran yang dapat menopang perekonomian nasional ke depannya. Investigasi telah dilakukan sejak di semester VI. Tentunya, dalam proses penggarapan penelitian ini, Rifki panggilan akrabnya, mengembangkan ide yang didapat dari berbagai referensi seperti jurnal internasional dan buku-buku yang berkaitan dengan pariwisata dan dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebagai catatan juga bahwa masih jarang sekali penelitian yang berkontribusi dalam mengkaji lebih dalam mengenai dampak pariwisata maupun hunungan kausal yang mungkin terjadi di antara keduanya.
Setelah risetnya rampung, Rifki mempresentasikan hasil risetnya di ajang konferensi internasional: Kuala Lumpur International Business Economics and Law Conference yang disingkat KLIBEL 14, yang berlangsung di Hotel Bangi, Putra Jaya-Malaysia pada 16-17 Desember 2017, serta menyelesaikan sidang Skripsi pada Maret 2018 silam, Rifki mengirimkan skripsinya untuk dapat dipublikasikan di jurnal internasional terindeks scopus yang cukup selektif.
Alhasil, paper yang dikirim oleh Muhamad Rifki Fadilah, di bawah bimbingan dosen Dr. Haryo Kuncoro, M.Si dan Dr. Karuniana Dianta A. Sebayang berhasil lolos dan dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi terindeks scopus Q3 di Journal of Environmental and Tourism Management Vol 9 No 4 (2018): JEMT Volume IX Issue 4(28) Summer 2018.
Tentunya hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi keluarga FE UNJ dan patut diapresiasi. Pencapaian ini membuktikan bahwa mahasiswa FE UNJ mampu menghasilkan karya tulis lain selain skripsi yang cemerlang dan memberikan pembaharuan bagi keilmuan khususnya di bidang ekonomi. Dan dapat berprestasi tidak hanya dalam lingkup nasional tetapi juga mampu bersaing ditaraf internasional. Rifki berharap di masa mendatang para adik tingkat dapat meneruskan langkah ini, bahkan dengan pencapaian yang lebih besar dan lebih signifikan bagi diri mereka, almamater, bangsa dan negara tercinta.

Link journal : https://journals.aserspublishing.eu/jemt/article/view/2348