Skripsi Mahasiswa FE UNJ Lolos Jurnal Internasional

Skripsi Mahasiswa FE UNJ Lolos Jurnal Internasional

Skripsi Mahasiswa FE UNJ Lolos Jurnal Internasional

(Jakarta, 11/5/2018). Menghasilkan sebuah karya ilmiah telah menjadi kewajiban bagi pada mahasiswa sebelum lulus dan dinyatakan sebagai Sarjana; dengan demikian menulis skripsi menjadi sebuah keharusan. Namun, sesungguhnya, mahasiswa memiliki peluang yang besar untuk memberikan kontribusi pemikiran melalui tulisan ilmiah yang dihasilkan, tidak hanya sebatas skripsi.
Sekelompok kecil mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta mencoba tantangan menulis selain skripsi. Ghifani Azhar, dan Siti Nur Iraeni Manali Asa berhasil menorehkan prestasi mempubilkasikan artikel ilmiah yang disusun dalam jurnal internasional. Prestasi yang mereka raih tidak lepas dari peran dosen-dosen pembimbing yang cemerlang, yaitu Dr. Haryo Kuncoro, M.Si dan juga Dr. Karuniana Dianta A. Sebayang, M.Si.
Keberhasilan yang mereka capai merupakan cerita panjang yang juga berliku. Di mulai dari keingintahuan mereka mengenai pengaruh pariwisata di Indonesia, mereka tertarik untuk menyelidiki lebih lanjut tentang kontribusi kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia, mengingat sektor pariwisata Indonesia yang sedang tinggi peminatnya. Investigasi telah mereka lakukan sejak di semester VI. Selanjutnya, hasil riset yang dilakukan disusun menjadi sebuah paper tugas perkuliahan, yang kemudian dikembangkan lebih mendalam sehingga menjadi sebuah skripsi. Tentunya, dalam proses penggarapan penelitian ini mereka mengambil dan mengembangkan ide yang di dapat dari berbagai referensi seperti koran, jurnal, buku, hingga berselancar di Internet.
Makalah mereka telah dipresentasikan pada Kuala Lumpur International Business Economics and Law Conference yang disingkat KLIBEL 14, diselenggarakan oleh Zes Rokhman Resources yang berlangsung di Hotel Bangi, Putra Jaya-Malaysia pada 16-17 Desember 2017. Konferensi yang dihadiri oleh para sarjana dan mahasiswa pasca sarjana dari berbagai dunia yang turut meramaikan proses tanya-jawab saat presentasi berlangsung.
Setelah berhasil mempresentasikan hasil penelitian dalam konferensi internasional serta Skripsi yang juga rampung. Mereka melakukan pengajuan agar skripsi mereka dapat dipublikasikan di jurnal internasional yang cukup selektif. Alhasil, masing-masing hasil penelitian mereka lolos dan dipublikasikan dalam jurnal internasional: South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, Vol. 15, Issue 5 (April 2018). Tentunya hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi FE UNJ dan patut diapresiasi.
Pencapaian ini membuktikan bahwa mahasiswa FE UNJ mampu menghasilkan karya tulis lain selain skripsi dan juga menunjukkan bahwa mahasiswa FE UNJ dapat berprestasi tidak hanya dalam lingkup nasional tetapi juga mampu bersaing ditaraf internasional. Mereka berharap di masa mendatang para adik tingkat dapat meneruskan langkah ini, bahkan dengan pencapaian yang lebih besar dan lebih signifikan bagi diri mereka, almamater, bangsa dan negara tercinta.
Link Publikasi:
Ghifani Azhar: “The Nexus of Exchange Rate of Tourist Arrivals, The Case of in Indonesia”. http://seajbel.com/wp-content/uploads/2018/05/K14_7.pdf
Siti Nur Iraeni: “The Causal Relationship between International Reserves and Tourist Arrivals: The Case in Indonesia”. http://seajbel.com/wp-content/uploads/2018/05/SEAJBEL14_5.pdf