KKL Prodi S1 Manajemen dan D3 Manajemen Pemasaran

KKL Prodi S1 Manajemen dan D3 Manajemen Pemasaran

KKL Prodi S1 Manajemen dan D3 Manajemen Pemasaran

Pada hari Senin, 5 Desember 2016, bertempat di Sukabumi Program Studi S1 Manajemen dan D3 Manajemen Pemasaran kembali mengadakan kegiatan Company Visit (Comvis) ke PT Yakult Indonesia Persada. Pada tahun ini, peserta Comvis berjumlah 122 orang, yang terdiri dari 100 mahasiswa Prodi S1 Manajemen dan 22 mahasiswa Prodi D3 Manajemen Pemasaran, yang didampingi oleh 2 (dua) orang dosen, yaitu Ika Febrilia, SE., MM dan Sholatia Dalimunthe, SE., MBA.

Company Visit ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan teori yang telah dipelajari di kampus, terutama dalam bidang manajemen. Dengan melakukan kunjungan ke PT Yakult Indonesia Persada, mahasiswa dapat melihat secara langsung pabrik berikut setiap tahapan proses produksi Yakult yang dilakukan secara higienis dan sesuai dengan standar internasional, namun tetap dengan tidak mengesampingkan cara-cara yang ramah lingkungan.

Tiba di PT Yakult Indonesia Persada, 122 mahasiswa dan 2 dosen pendamping langsung diajak mengelilingi pabrik untuk mendapatkan penjelasan secara langsung mengenai pembuatan seed starter (proses A) yang merupakan proses pelarutan dan fermentasi skim milk powder, glukosa, air, dan bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain dalam tangki pembibitan; pembuatan susu fermentasi (proses B) yang dihomogenisasi menggunakan mesin homogenizer; pembuatan sirup (proses C) yang merupakan tahapan dalam melarutkan sukrosa hingga siap ditransfer ke mesin HTST (High Temperature Short Time) untuk disterilisasi; penggabungan susu fermentasi hasil proses B dan  sirup steril hasil proses C hingga menghasilkan Yakult Concentrate (proses D); sterilisasi air dengan mesin ultraviolet (proses E); proses pembotolan dan pengepakan; serta proses penyimpanan Yakult yang sudah dikemas ke dalam cold storage, untuk selanjutnya siap didistribusikan dan dikonsumsi oleh masyarakat.

Setelah tour, mahasiswa dan dosen Prodi S1 Manajemen dan D3 Manajemen Pemasaran diajak untuk menyaksikan video serta penjelasan singkat mengenai sejarah ditemukannya Yakult sebagai pelopor minuman kesehatan pencernaan. Dalam video juga ditunjukkan standar prosedur operasi yang benar-benar higienis bagi setiap karyawan, seperti misalnya karyawan yang ingin memasuki pabrik haruslah karyawan yang telah steril dengan mengganti pakaian dan sepatu mereka dengan seragam dan sepatu boot pabrik, memakai penutup kepala dan masker, mencuci dan mensucihamakan kedua tangan, serta harus melewati air shower untuk memastikan proses sterilisasi telah berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Dari kunjungan ke PT Yakult Indonesia Persada ini, para mahasiswa yang berasal dari Prodi S1 Manajemen dan D3 Manajemen Pemasaran telah memperoleh banyak pengetahuan sekaligus pengalaman, sehingga materi yang mereka terima selama mengikuti perkuliahan di kampus pun menjadi lebih aplikatif. Selain itu, melalui kegiatan-kegiatan yang sama di masa yang akan datang diharapkan dapat semakin meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai seluruh proses produksi dan manajemen pengelolaan produk pada berbagai perusahaan besar di Indonesia.     

KKLS1 Mnj & D3 MP