Kunjungan Mahasiswa Universitas Kebangsaan Malaysia

Jakarta, Rabu 12 Oktober

Sebanyak kurang lebih 30 mahasiswa dari jurusan Entrepreneurship and Innovation, Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) mengunjungi FE UNJ pada Rabu, 12 Oktober 2016. Tujuan dari kunjungan ini adalah berbagi pengalaman dan wawasan tentang pengembangan kewirausahaan di kampus. Rombongan Universitas Kebangsaan Malaysia disambut oleh pimpinan fakultas dan program studi, dosen, serta perwakilan HIMA Manajemen FE UNJ.

Acara diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh koordinator yang dilanjutkan oleh sambutan Dr. Dedi Purwana, ES., M.Bus selaku Dekan FE UNJ. Dalam sambutannya, kedua pimpinan tersebut bersepakat tentang arti penting pengembangan kewirausahaan di kampus sebagai upaya meningkatkan jumlah kewirausahaan serta pentingnya menjalin kerja sama untuk memperluas pasar serta mengeksplorasi berbagai peluang kerja sama usaha. Selesai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi antar dosen dan mahasiswa secara pararel.

Diskusi antar dosen membahas mengenai sistem akademik, kompetensi, jurusan dan mata kuliah kewirausahaan serta penjajagan berbagai kemungkinan kerja sama antara FE UNJ dan UKM Malaysia. Beberapa topik diskusi meliputi: pertukaran dosen dan mahasiswa, struktur kurikulum, penyelenggaraan konferensi internasional bersama, dan publikasi pada jurnal internasional bereputasi.

Diskusi antar mahasiswa berlangsung tidak kalah menariknya. Mahasiswa Prodi Manajemen dan manajemen Pemasaran yang saat ini tengah mengambil mata kuliah Kewirausahaan mempresentasikan produk usaha mereka yang merupakan bentuk praktik mata kuliah Kewirausahaan. Sebagian mahasiswa bahkan membagikan produk usaha mereka secara Cuma-Cuma kepada teman-teman baru dari UKM, Malaysia. Mahasiswa UKM sangat antusias untuk mencicipi dan memberikan komentar positif tentang produk-produk tersebut.

Perwakilan mahasiswa Universitas Kebangsaan Malaysia, Nur Syahirah Binti Yahyanuddin yang merupakan President dari program kunjungan ini mengungkapkan perasaannya yang senang berkunjung ke UNJ. “ Senang sekali bisa berkunjung kemari dan berbagi pengalaman mengenai berbagai produk. Dapat mengeksplor pengetahuan kami dan menemukan satu hal yang baru”, tuturnya dengan bahasa Inggris serta logatnya yang khas. Kedatangan mereka ke Indonesia juga bertujuan untuk menggali informasi mengenai fenomena transportasi online yang ada di Indonesia, GoJek salah satunya. Selain berbicara mengenai kompetensi dan jurusan, agenda hari itu juga diisi dengan perkenalan kegiatan organisasi kampus. “ kita ingin belajar lebih dari apa yang kita pelajari di dalam kelas”, tutur Justin Tan Wei Jin, mahasiswa UKM. Semoga tujuan tersebut tercapai oleh kedua belah pihak baik UNJ maupun pihak UKM.

Pertemuan yang singkat diakhiri dengan sesi foto bersama dan pelepasan.

UKM malaysia_2