Ari Saptono Menyampaikan solusi Kewirausahaan dalam pembelajaran siswa SMK dalam sidang terbuka Doktoral UNJ

Jakarta. Gd. Dewi Sartika – Aula Latief, Ruang Sidang PPs UNJ Jakarta, Rabu (31/8/2016). Ari Saptono,  memaparkan disertasinya tentang pengaruh lingkungan  belajar, efikasi diri, dan sikap kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha. Dalam Sidang terbuka ujian promosi Doktor bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) program pascasarjana Universitas Negeri Jakarta tersebut promovendus berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan Dewan Penguji dan mendapatkan hasil yudisium “sangat memuaskan”.

 Dalam disertasinya, Ari Saptono menyampaikan bahwa saat ini Indonesia mengalami peningkatan jumlah penduduk usia produktif yang dapat menjadi sumber daya pendorong kemandirian ekonomi bangsa apabila disertai dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai. Pada sisi lain persentase jumlah penduduk sebagai wirausahawan di Indonesia dibandingkan negara lain masih relatif sangat sedikit. Pendidikan memiliki peran yang penting dalam rangka pembentukan dan pengembangan wirausaha. Lembaga pendidikan sebagai pengelola sumber daya manusia diharapkan mampu menanamkan dan menumbuhkan kewirausahaan pada peserta didiknya sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki karakter wirausaha dengan orientasi sebagai pencipta lapangan kerja bukan sebagai pencari kerja, serta kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

 Kajian tentang lingkungan belajar, efikasi diri, sikap terhadap kewirausahaan tersebut memberikan saran diantaranya agar menambah sarana-prasarana di sekolah seperti inkubasi bisnis sebagai laboratorium, jaringan internet, buku dan literatur lainnya untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran kewirausahaan di sekolah, pengembangan kurikulum kewirausahaan yang mampu membentuk kompetensi berwirausaha dan simulasi pembelajaran bersama guru.

 Ujian promosi gelar doktor ini melibatkan Tim Promotor yang menguji yaitu Prof. Dr. Maruf Akbar, M.Pd, Prof. Dr. Burhanuddin Tola, M.A, Prof. Dr. Ch. Suprapto, M.M, dan Prof. Dr. A. Suhaenah Suparno. Hadir bersama dalam sidang ujian promosi gelar Doktor tersebut jajaran Pejabat UNJ dan keluarga besar Fakultas Ekonomi memeriahkan sidang terbuka ini sekaligus sebagai publikasi ilmiah hasil kajian penelitian.

foto Dr. Ari saptono