Press Release Gebyar Akuntansi 11th BEM Prodi Akuntansi FE UNJ 2020

Press Release Gebyar Akuntansi 11th BEM Prodi Akuntansi FE UNJ 2020

  • Seminar Akuntansi (SEMARAK)

Selasa, 01 Desember 2020, telah diadakan Seminar Akuntansi yang merupakan sebuah seminar yang mengangkat isu-isu hangat seputar Akuntansi. Seminar Akuntansi atau yang biasa dikenal sebagai “SEMARAK” merupakan salah satu rangkaian acara dari Gebyar Akuntansi 11th yang terdiri dari SEMARAK, IMPOTION, PaPi, Entrepreneur Challenge, dan Seminar Saham.

Kali ini, SEMARAK yang diadakan secara virtual mengusung tema “Peran Aplikasi ATLAS dalam Proses Audit” dengan tujuan untuk menambah pemahaman para peserta SEMARAK terkait pemeriksaan akuntansi, khususnya pengaplikasian ATLAS dalam proses tersebut. Kegiatan yang diikuti oleh 392 peserta ini menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Sagita Fajarahayu, S.E., CA., Ak., CPA., selaku Partner KAP Hertanto, Grace, Karunawan, yang memberikan penjelasan mengenai ATLAS (Audit Tool and Linked Archive System) serta prosesur audit pada KAP secara umum. Selain itu, narasumber berikutnya adalah Wulan Daryoco Betris, S.E., selaku Manajer KAP Hertanto, Grace, Karunawan, yang memberikan penjelasan mengenai “Audit System in Preparation of Working Paper”. Semoga dengan adanya Seminar Akuntansi (SEMARAK), para peserta dapat lebih memahami mekanisme dalam proses audit serta mampu mengoperasikan aplikasi ATLAS dengan mudah nantinya.

  • Improvement Poster Competition (IMPOTION)

Improvement Poster Competition atau yang biasa disingkat dengan IMPOTION merupakan sebuah perlombaan poster tingkat nasional dan menjadi salah satu rangkaian dari Gebyar Akuntansi 11th. Tujuan dari diadakannya IMPOTION ini adalah agar peserta dapat menyalurkan kreativitas dan imajinasinya dalam bentuk desain poster dan dapat menggali kreativitas dengan menciptakan ide yang baru. Kali ini tema yang diangkat adalah “The Economic Life After COVID-19 in Indonesia”.

Pendaftaran IMPOTION dibuka pada tanggal 25 Oktober 2020. Dikarenakan masih dalam masa pandemi yang mengharuskan semua kegiatan perkuliahan dilaksanakan secara online, begitu pula dengan poster pendaftaran dan booklet IMPOTION disebarluaskan secara full online. Terpilihlah tiga tim yang menjadi juara pada IMPOTION, yaitu Shabira Fahria Hananti dan Lutfi Aulia Ari Shafa dengan judul posternya adalah “UMKM Unggul dengan Digitalisasi sebagai Juara Tiga”, Ani Pricilla dan Irham Abdillah dengan judul posternya “Take Advantages During a Pandemic” sebagai juara kedua, Irna Amelia Moehardiono dengan judul posternya “Future Economic After Pandemic” sebagai juara pertama, dan yang terakhir juara poster terfavorit berdasarkan like pada postingan Instagram jatuh kepada Ani Pricilla & Irham Abdillah dengan judul posternya “Take Advantages During A Pandemic” dengan jumlah like sebesar 395 likes.

  • Putra-Putri Akuntansi (PaPi)

Putra Putri Akuntansi (PaPi) atau yang dikenal juga sebagai Duta Akuntansi merupakan salah satu dari beberapa rangkaian acara yang dimiliki oleh Gebyar Akuntansi 11th. PaPi merupakan ranah untuk mengeksplorasi bakat para mahasiswa/i yang mempunyai kapabilitas, berjiwa kompetitif, serta berintegritas. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari serta mengasah potensi yang dimiliki para mahasiswa/i Akuntansi FE UNJ pada bidang akademik maupun nonakademik. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap penyisihan pertama, tahap penyisihan kedua, dan tahap final.

Tahun ini, untuk pertama kalinya PaPi diadakan secara virtual dengan mengusung tema “Bawa Perubahan dalam Diri dengan Kenali Potensi”. Pada tahap penyisihan pertama, para peserta melakukan tes tertulis secara daring melalui Google Form dan wawancara melalui virtual meeting apps. Pada tahap penyisihan kedua, para peserta menampilkan bakatnya melalui video yang diunggah di akun Instagram masing-masing peserta. Lalu, pada tahap final, para peserta akan diminta untuk menjelaskan tentang dirinya (self branding) dan menjalani sesi tanya jawab dimana pertanyaan akan diberikan oleh para juri. Terdapat empat juri dalam kegiatan PaPi kali ini, yaitu Ibu Etty Gurendrawati, S.E., M.Si., Ak., Ibu Indah Muliasari, S.E., Ak., M. Ak., Naser Bahmid, dan Divo Ridho.

Pengumuman pemenang PaPi berlangsung bersamaan dengan penyelenggaraan Seminar Saham, yang mana pemenangnya yaitu: Rizky Pratama dan Anggun Sri (Juara 1), David Alkhabib dan Dela Nurul (Juara 2), Aflah Arviano dan Cindy Evelin (Juara 3).

  • Entrepreneur Challenge

Sabtu, 12 Desember 2020, telah dilaksanakan acara Entrepreneur Challenge. Entrepreneur Challenge merupakan suatu kegiatan yang memberikan kesempatan khususnya bagi mahasiswa untuk mewujudkan jiwa wirausahanya dalam bentuk nyata serta menumbuhkan ide-ide bisnis untuk menjadi pengusaha muda di era new normal saat ini. Kali ini, Entrepreneur Challenge mengusung tema “Creatively Finding Business Opportunities in The New Normal Era“. Acara ini berbentuk lomba dalam satu tim yang terdiri dari 3 – 4 orang dengan metode BMC (Business Model Canvas) yang di dalamnya memuat model bisnis mengenai aspek Key Partnership, Key Activities, Key Resources, Value Propositions, Customer Relationship, Channels, Customer Segments, Cost Structure, hingga Revenue Streams. BMC yang lolos masuk ke tahap pengumpulan proposal dan bagi proposal yang lolos seleksi, masuk ke tahap presentasi. Entrepreneur Challenge merupakan salah satu rangkaian acara dari Gebyar Akuntansi 11th yang telah diadakan secara online dengan diikuti oleh sembilan tim dari berbagai universitas di Indonesia via Zoom Cloud Meetings.

Juri pada Entrepreneur Challenge kali ini yaitu Ibu Nuramalia Hasanah, S.E., M.Ak., Arfiyan Nugroho, dan Wisnu Haryo Prakoso. Kegiatan Entrepreneur Challenge diakhiri dengan pengumuman pemenang di hari yang sama dengan tahap presentasi. Kelompok LDR.ID dari Universitas Padjadjaran berhasil menjadi juara 1, Kelompok Infared dari Universitas Negeri Jakarta berhasil menjadi juara 2, Kelompok KUBI dari Universitas Negeri Jakarta berhasil menjadi juara 3, dan Kelompok Adinata berhasil menjadi juara harapan 1.

  • Seminar Saham (SEMSAH)

Kamis, 17 Desember 2020, telah diadakan Seminar Saham (SEMSAH) yang merupakan salah satu rangkaian acara dari Gebyar Akuntansi 11th. Seminar Saham adalah suatu kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa maupun masyarakat umum untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi yang benar dan tepat mengenai investasi saham saat ini beserta peluang dan tantangannya.

Kali ini, SEMSAH yang diadakan secara virtual mengusung tema “Investasi Saham pada 2021: Tantangan dan Peluang” mempunyai tujuan untuk menambah pemahaman para peserta SEMSAH terkait mekanisme saham, pentingnya berinvestasi, dan mengenal tantangan serta peluang yang mungkin akan dihadapi pada 2021. Acara ini diisi oleh pembicara yang handal di bidangnya yaitu Ibu Ira Shintiya Rahayu dari Bursa Efek Indonesia dan Bapak Muhammad Lutfi Permana dari BNI Sekuritas. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pengulasan materi. SEMSAH yang diikuti oleh 190 peserta ini menjadi penutup dari rangkaian Gebyar Akuntansi 11th. Semoga dengan adanya Seminar Saham (SEMSAH), dapat meningkatkan kontribusi para peserta dalam berinvestasi saham untuk memajukan perekonomian Indonesia.